Jenis- Jenis Meditasi, Mana yang tepat untukmu?

 Jenis- Jenis Meditasi, Mana yang tepat untukmu?

Ditulis oleh : Fatihatun Puti Sabrina

Meditasi merupakan sebuah aktivitas yang dapat bermanfaat bagi fisik, mental, dan spiritual. Selama ini kita mungkin sudah mendengar tentang meditasi, namun berpikir skeptis akan bagaimana meditasi dilakukan. Tahukah Anda bahwa meditasi dibagi menjadi beberapa jenis? Berikut merupakan jenis-jenis meditasi :

Jenis-jenis meditasi


Jenis – Jenis Meditasi

1. Meditasi Spiritual

Jenis meditasi yang pertama adalah meditasi spiritual, meditasi ini bisa dilakukan dalam keheningan atau dengan berbicara (Affirmations). Terlepas dari latar belakang agama apapun, meditasi spiritual akan membangun dan menguatkan kepercayaan kita kepada sang Pencipta. Bila dikaitkan dengan perjalanan spiritual dalam diri sendiri, meditasi ini membantu perkembangan spiritual—seperti misalnya : Sebagai media untuk refleksi diri, untuk memahami dan mendengar suara hati, sekaligus untuk menemukan misi jiwa seseorang. (terutama untuk orang-orang yang misi jiwanya berkaitan dengan memberikan sesuatu untuk orang lain).

2. Mindfull Meditation

Bila meditasi spiritual lebih populer di timur, meditasi mindfulness lebih dikenal di barat. Meditasi mindfulness merupakan meditasi yang membuat kita fokus untuk apa yang terjadi saat ini. Hal ini mencegah kita untuk terlalu khawatir dengan masa depan, atau masih terbayang oleh sesuatu yang terjadi di masa lalu.

Dalam melakukan meditasi mindfulness dimulai dengan fokus dalam mengatur teknik pernafasan, dalam meditasi ini kita tidak perlu menyingkirkan berbagai macam pikiran yang bisa saja muncul secara tiba-tiba dalam sesi meditasi, mindfulness meditation membiarkan bila ada pemikiran yang muncul, sebagai salah satu bentuk kesadaran akan apa yang kita pikirkan dan rasakan. Ketika ada pemikiran yang muncul secara tiba-tiba, biarkan, kemudian kembalikan fokus Anda dalam mengatur pernafasan Anda.

Meditasi ini bagus untuk mengurangi stres, depressi, atau anxiety. Meditasi mindfull juga dapat dilakukan untuk membantu resiliensi diri kita dalam menghadapi kondisi sulit.

3. Meditasi gerak

Berbeda dengan meditasi lain yang dilakukan dengan berdiam, meditasi gerak mencoba memusatkan kesadaran diri kita pada gerakkan tubuh. Salah satu contoh dari meditasi gerak adalah yoga, namun hal-hal sederhana seperti berjalan di atas rumput, melakukan pekerjaan rumah, dan lain-lain—juga dapat dimasukkan sebagai meditasi gerak. Dalam meditasi ini, pergerakkan tubuh menjadi kunci utama.

Bila Anda merupakan orang yang merasa lebih mudah untuk berkonsentrasi ketika melakukan sesuatu, meditasi ini akan menjadi meditasi yang tepat untuk Anda.

4. Meditasi Visualisasi

Meditasi ini merupakan salah satu meditasi yang sering saya lakukan. Meditasi visualisasi, merupakan meditasi dengan membayangkan suatu tempat, suasana, atau kondisi tertentu. Meditasi ini bisa dilakuakan dengan membayangkan bila diri Anda berada di tengah kondisi alam yang damai, berada di tengah deburan ombak, dan lain-lain.

Meditasi ini juga dapat dilakukan untuk memanifestasikan sesuatu dengan visualisasi pikiran Anda. Kita perlu meyakini, bahwa emosi, pikiran, dan tindakan merupakan energi. Meditasi visualisasi sangat tepat digunakan untuk orang-orang yang kreatif dan merasa mudah dalam visualisasi.

5. Meditasi Affirmations 

Yang ke-5 adalah meditasi affirmations, meditasi ini seperti mengucapkan kalimat-kalimat positif entah untuk diri sendiri, orang lain, atau untuk lingkungan sekitar. Dalam praktiknya meditasi ini memusatkan sugesti setiap kata yang diucapkan dengan penuh keyakinan.

Seperti contohnya, “Aku layak untuk mendapatkan semua mimpiku”, “Aku siap untuk menerima kebahagiaan yang besar”, “Tak ada limitasi dalam diriku, karena ada tangan Tuhan yang membentuk diriku”, dan berbagai kata-kata positif lainnya.

Perlu kita ingat untuk tidak menggunakan kata-kata negatif bagi diri kita atau orang lain. Ucapkan semua kalimat dengan hati yang tulus dan penuh cinta kasih. Dengan melakukan meditasi ini, kita dapat lebih mencintai diri sendiri, bersyukur, dan berpikir positif.

6. Meditasi Chanting

Dalam meditasi ini, media musik, kata-kata, melody, merupakan unsur penting yang digunakan. Sebagai seorang clairaudience meditasi chanting memiliki pengaruh yang cukup besar dalam diri saya. Namun untuk melakukannya kita perlu memastikan bahwa suara, subliminal, atau melodi yang kita gunakan berasal dari sumber yang terpercaya. Terutama subliminal dan binnarual beats, karena pesan yang disampaikan tersirat dan hampir sulit kita temukan.

7. Meditasi Kondisi Tubuh

Jenis meditasi yang terakhir adalah meditasi  yang digunakan untuk memperhatikan kondisi tubuh kita secara utuh (body scan). Meditasi ini sangat tepat digunakan ketika Anda merasakan kondisi tubuh yang kurang nyaman, seperti misalnya : Tegang bahu, leher terasa sakit (yang mungkin terjadi karena stres) dan lain-lain

Untuk melakukannya, Anda perlu meregangkan bagian tubuh Anda satu demi satu. Duduklah dalam posisi yang nyaman, lalu mulai scan body meditation dengan memusatkan perhatian Anda pada kaki Anda, biarkan otot-otot Anda menjadi rileks, atur pernafasan Anda seperti meditasi pada umumnya, namun pastikan Anda fokus untuk membuat rileks bagian tubuh Anda. Ketika bagian kaki sudah rileks, Anda bisa melanjutkan pada paha, bahu, leher, hingga ke atas.

Nah, pembahasan di atas merupakan jenis-jenis meditasi yang perlu kita ketahui. Sangat memungkinkan bila Anda akan menggabungkan beberapa meditasi karena pada dasarnya beberapa meditasi akan terhubung dengan jenis meditasi lainnya.

Seperti misalnya pada diri saya : Ketika ingin berbicara  dengan diri sendiri saya menggunakan meditasi spiritual, ketika ingin menyampaikan seseuatu pada seseorang saya akan menggunakan meditasi visual, dan ketika saya lelah dan benar-benar tidak mood saya akan menggunakan meditasi chanting—yang biasanya saya lakukan sembari bersantai atau melakukan kegiatan lainnya.

Tak ada salahnya untuk mencoba jenis meditasi yang baik untuk diri Anda, yang penting Anda dapat mengetahui jenis meditasi apa yang tepat untuk diri Anda.

Sampai jumpa pada postingan selanjutnya!


You get the best version of me when i feel save around you. My femininity flourishes in healthy environments. I protect that version of me because i've spent so much time healing and preserving that version of me - Jojo, The minds Journal

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »