Mengenal Meditasi : Pengertian, Manfaat, dan Tips Melakukan Meditasi

 

Mengenal Meditasi : Pengertian, Manfaat, dan Tips Melakukan Meditasi

Apa itu Meditasi?

Selama ini, banyak yang mengira bahwa meditasi adalah praktis yang aneh dan membutuhkan ritual atau persiapan khusus. Padahal meditasi  merupakan sebuah kegiatan yang dapat dilakukan siapa saja dan tidak memerlukan effort yang besar. Meditasi merupakan sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menenangkan tubuh dan pikiran, meditasi akan membantu seseorang untuk melatih kesadaran akan kondisi diri sendiri dan benar-benar merasakan hidup di masa sekarang.

Meditasi

Mengapa kita perlu meditasi ?

Berikut manfaat yang bisa kita dapatkan dengan melakukan meditasi:

  1.    Memahami Apa Yang Sebenarnya Kita Rasakan
  2.    Mengurangi tingkat stres
  3.    Semakin Terhubung Dengan Diri Kita Sendiri
  4.    Meningkatkan Konsentrasi
  5.    Melatih Intuisi Kita Agar Lebih Sensitif
  6.    Memberikan “Me Time” Untuk Diri Kita

Tips Dalam Melakukan Meditasi

1. Siapkan Tempat Yang Kondusif

Dalam memulai meditasi, kita akan belajar untuk ‘benar-benar hadir’ dan meninggalkan sejenak semua beban dan kepenatan hidup yang kita alami.  Situasi yang kurang kondusif dapat membuat Anda kesulitan berkonsentrasi, terutama bila Anda seorang pemula, Anda akan lebih mudah  terdistraksi di lingkungan yang kurang kondusif. 

2. Posisikan Tubuh Anda Senyaman Mungkin

Salah satu sikap tubuh yang sangat dianjurkan dalam meditasi adalah duduk bersila, dengan  posisi punggung yang tegap. Bila dilihat dari aspek energi dan spiritual, kondisi ini akan menghubungkan antara root cakra (cakra yang berada di paling bawah), hingga cakra mahkota (crown cakra) yang berada di paling atas. Root cakra akan terhubung dengan energi di bumi, dan crown cakra Anda akan terhubung ke langit, sehingga membentuk sebuah garis vertikal yang saling berkaitan. Namun bila posisi duduk membuat Anda kurang nyaman, Anda bisa melakukan Meditasi dengan berbaring. Posisikan tubuh Anda senyaman mungkin.

3. Minimalisir Pencahayaan

Salah satu tips yang membuat sesi meditasi Anda terasa ‘intim’ adalah dengan menggunakan lilin dibanding menggunakan cahaya lampu biasa. Sebenarnya, tak ada masalah untuk menggunakan keduanya, namun bila Anda tengah melatih konsentrasi, penggunaan lilin akan membuat pandangan Anda terfokus pada api yang dipancarkan. Coba pikir kembali—ketika bola mata Anda bergerak, bukankah pikiran kita terus terhubung dan tidak berhenti  berjalan? Dengan memusatkan pandangan kita pada suatu titik, kita memberi sinyal ke pada otak kita untuk meninggalkan hal-hal lain yang tidak perlu kita perhatikan. Tips ini sederhana, namun patut untuk dicoba!

4. Atur Pola Pernafasan

Tarik nafas Anda dalam-dalam, tahan beberapa detik, sebelum menghembuskan melalui mulut Anda secara perlahan. Rasakan bagaimana semua rasa lelah, beban pikiran, dan semua bias yang Anda bawa sebelumnya seolah mengalir keluar seiring dengan hembusan nafas Anda. Lakukan ini secara berulang dengan kesadaran penuh bahwa Anda memegang kendali atas diri Anda. Teknik seperti ini tidak hanya digunakan dalam meditasi, saya selalu melakukan ini setiap saya merasa sangat cemas dan ingin menangis. Mengatur pernafasan akan membantu kita untuk menyingkirkan bias dan benar-benar hadir dalam diri kita sekarang.

5. Jangan kendalikan pikiran Anda.

Sangat mungkin ketika Anda sedang meditasi, dan beberapa hal muncul di pikiran Anda. Hal ini sering saya alami, dan dari sana saya belajar, semakin saya mencoba mengendalikan pikiran saya, semakin sulit saya fokus dan meditasi saya terasa tidak mengalir alami karena adanya rasa tekanan.  Jadi, saya membiarkan bila ada distraksi yang mengganggu pikiran saya, namun tidak bereaksi akan hal tersebut.  Hal ini akan membuat pikiran Anda bisa kembali fokus lebih cepat.

Jangan berusaha untuk mengendalikan pikiran Anda, Anda tidak bisa mencegahnya, namun Anda bisa memilih untuk tidak bereaksi akan apa yang Anda pikirkan.

6. Cari Meditasi Terbaik Untuk Diri Anda

Ada banyak meditasi yang bisa Anda gunakan, seperti contoh—bila Anda seorang yang baik dalam memvisualisasikan sesuatu, Anda dapat mencari meditasi yang menuntut Anda untuk membayangkan sesuatu. Contoh lain, bila Anda seorang clairaudience (psychic hearing), Anda bisa memilih meditasi dengan frekuensi dan vibrasi tertentu. Saya seorang clairsentience dan clairaudience, jadi dua meditasi yang paling berpengaruh bagi saya adalah subliminal / Binarual beats, atau meditasi dengan melibatkan emosi saya untuk merasakan sesuatu. Carilah meditasi yang tepat untuk Anda!

7. Sadari kemampuan Diri Sendiri

Meditasi merupakan bagian dari self care, Jadi memaksakan diri untuk mengikuti sesi meditasi selama 30 menit lebih bukan hal yang mudah bagi semua orang. Bila Anda hanya mampu untuk melakukan meditasi selama 10 menit, tak masalah. Bahkan lima menitpun tak masalah! Semua kembali pada kenyamanan dan kemampuan diri sendiri, untuk apa melakukan self care namun tidak merasa nyaman sedikitpun?

 

Nah berikut merupakan pengertian, manfaat, dan tips mengenai  meditasi. Ambilah tips yang tepat untuk diri Anda, karena kenyamanan dan prespektif setiap individu tentu berbeda. Sampai jumpa di postingan berikutnya!

You get the best version of me when i feel save around you. My femininity flourishes in healthy environments. I protect that version of me because i've spent so much time healing and preserving that version of me - Jojo, The minds Journal

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »