7 Tips Menulis Untuk Pemula : Dijamin Ampuh!

7 Tips Menulis Untuk Pemula : Dijamin Ampuh!

Ditulis Oleh : Fatihatun Puti Sabrina

Bagi beberapa orang, menulis merupakan hal yang mudah dilakukan, namun masih banyak di antara kita yang merasa sulit untuk menulis. Lalu bagaimana caranya untuk memulai menulis? Berikut tips dan contohnya:

Tips Menulis Untuk Pemula




       Pilih Topik Yang Menarik Untukmu

Mendalami sesuatu yang menarik untuk kita akan terasa lebih mudah dibanding dengan topik yang tidak menarik hati kita. Dalam menulis—ketika kita ingin tulisan tersebut terasa hidup—maka libatkan hati kita dalam proses pembuatannya. Tentukan topik dan jenis tulisan yang lebih kamu sukai. Semisal bila kamu tertarik menulis sebuah novel, maka tentukan jenis novel apa yang menarik bagimu, sesuatu yang terasa mengalir dan tidak membuatmu terasa terpaksa ketika melakukannya. Semisal romance, fantasy, horror, ataupun jenis chicklit. Melihat pasar memang perlu, namun memaksakan sesuatu yang tidak kamu sukai bisa membuat kreatifitasmu tidak maksimal.

Begitupun dengan menulis sebuah buku, kamu bisa menentukan tipe buku yang ingin kamu buat. Kamu bisa menulis buku self improvement, ilmu pengetahuan, biografi, dan masih banyak lainnya!

Tentukan Plot dan Inti Tulisanmu

Selanjutnya, kamu perlu menentukan plot dan inti dari topik yang ingin kau buat. Yap, dalam beberapa kasus banyak penulis yang  membiarkan tulisan mereka mengalir tanpa membuat plot terlebih dahulu. Namun akan lebih baik untuk menentukan plot dan inti pesan dari tulisan yang ingin kita buat. Selain menjaga agar apa yang ditulis sesuai dengan batasan topik, hal ini juga mempermudah dalam membuat isi pembahasan!

Membaca dan Riset

Saat menulis, pernahkah kamu merasa seolah kamu mengetahui apa yang ingin kamu tulis, namun merasa bingung bagaimana cara menyampaikannya? Yap, mungkin kamu perlu memperkaya diksimu! Membaca adalah salah satu cara agar diksimu terus berkembang.

Akan lebih baik lagi bila referensi bacaanmu sesuai dengan topik yang akan kamu tulis, bila kamu berniat menulis sebuah buku self-improvement, perbanyaklah membaca buku-buku pengembangan diri!

 

Pahami Cara Kerja dan Sumber Inspirasimu

Memahami bagaimana dirimu bekerja dan apa yang memancing inspirasimu adalah hal yang penting. Beberapa orang merasa lebih mudah dalam menulis dalam kesunyian, beberapa yang lainnya mungkin tidak bermasalah di kelilingi beberapa orang atau menulis sembari diiringi alunan musik. Kamu bisa memperhatikan kondisi dan waktu yang membuatmu nyaman.

Kamu juga bisa mencari sumber-sumber insipirasimu dalam menulis, semisal dengan menonton film, mendengarkan musik, pergi ke beberapa tempat untuk refreshing, dan masih banyak lagi!

 

Revisi dan Edit Hasil Karyamu

Sekalipun hanya untuk iseng-iseng dan tidak berniat untuk dipublikasikan, terbiasalah merevisi dan mengedit apa yang telah kamu tulis. Baca kembali hasil tulisanmu, rasakan seolah kamu bertukar posisi menjadi pembaca, apakah ada kata yang terlalu berbelit? apakah kamu menemukan diksi yang dirasa kurang pas? kamu juga mungkin perlu memperhatikan peletakkan koma dan panjang kalimatmu. Jangan buat pembaca ngos-ngosan saat membaca tulisanmu ya!


 Jangan Berhenti Untuk Menulis

Dua kunci utama untuk menjadi penulis adalah membaca dan menulis. Sangat wajar bila dalam tulisan pertama kita akan merasa tulisan kita sangat buruk. Teruslah menulis, bila kamu merasa kurang percaya diri, simpanlah tulisanmu dalam draft terlebih dahulu, lakukan secara rutin dan secara perlahan kamu akan melihat hasilnya! Saya pernah melihat artikel yang saya buat beberapa bulan lalu dan menyadari seberapa besar improve yang saya dapatkan pada karya saya—yang terjadi secara bertahap!

Ingat, kamu selalu bisa mengedit tulisan yang sudah kamu buat, namun bila kamu tidak memulai, bagaimana mungkin karyamu akan selesai? Seperti yang orang bilang, You can’t edit from a blank page!


Jadikan Menulis Bagian Dari Rutinitasmu

Yang terakhir adalah komitmen. Wajar bila dalam menulis kita merasakan writer blocks, atau kita merasa bahwa apa yang kita kerjakan belum memberikan hasil sesuai dengan apa yang kita inginkan. Teruslah menulis, terutama bila Anda merasa menulis merupakan salah satu hobby yang Anda sukai! Jangan langsung berorientasi pada hasil! Lakukan yang terbaik, dan biarkan dirimu berekspresi sebebas mungkin!

 

Nah, seperti itulah tips and trick untuk menulis! Menulis untuk pemula memang bukan hal yang mudah—bahkan bagi orang yang sudah terbiasa menulis—sangat wajar bila suatu saat masuk pada fase writer blocks. Semua perlu waktu dan proses. Tetap semangat ya, semoga artikel ini dapat membantumu!

You get the best version of me when i feel save around you. My femininity flourishes in healthy environments. I protect that version of me because i've spent so much time healing and preserving that version of me - Jojo, The minds Journal

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »